6 Tips Penting Sebelum Membeli iPhone Bekas/Second

Jika kamu masih ragu-ragu untuk membeli handphone bekas khususnya iPhone bekas, hal itu wajar sekali karena memang harus berhati-hati membeli smartphone yang relative mahal ini. Karena jika salah membeli maka anda akan membuang uang yang banyak.  iPhone adalah produk yang sangat diminati oleh  Apple geek. Karena mahalnya harga baru iPhone, maka tidak ada salahnya membeli smartphone besutan Apple ini yang second atau bekas.

Berikut 10 Tips sebelum anda membeli iPhone bekas.

1. Beli iPhone Bekas/Second yang Masih ada garansinya

Garansi sangatlah penting buat iPhone, menimbang biaya services barang-barang produksi Apple cukuplah mahal. Untuk menghindari anda bakal kehilangan uang lebih banyak jika salah membeli iPhone bekas. Carilah iPhone yang Like New yakni yang secara body masih seperti baru dalamanya juga masih seperti baru. Memang tidak mudah mendapatkan iPhone  Bekas yang berkualitas, kamu harus sabar dan jangan buru-buru karena ini sangat penting.

Kamu harus tahu bahwa iPhone tidak ada istilah garansi internasional, yang ada adalah garansi regional. Maksudnya, iPhone hanya bisa klaim garansi di negara iPhone tersebut di keluarkan. Cara mengetahuinya, kamu cukup cek di belakang kardus bagian kiri bawah. Adapun contoh kode negara untuk iPhone adalah sebagai berikut:

  • MY/A: Malaysia
  • LL/A: Amerika
  • X/A: Australia
  • ZP/A: Singapore, Hongkong
  • PA/A: Indonesia

Untuk menge-cek garansi iPhone secara online, kamu bisa membuka halaman resmi website apple ini https://checkcoverage.apple.com/ dan masukan Hardware Serial Number.

 

2. Cek IMEI iPhone yang akan anda Beli

IMEI ini sangat penting di antaranya adalah untuk mengetahui iPhone second tersebut masih ada garansi resminya atau tidak, di blacklist atau tidak.

Untuk mengetahui nomor IMEI ini cukup gampang, yakni bisa mengikuti langkah berikut ini

Setting -> General -> About

Langkah 1: Buka Halaman Setting iPhone

 

Langkah 2: Click di General kemudian About

 

Langkah 3: Scroll ke bawah, dan anda akan menemukan nomor IMEI

 

3. Cek Kondisi Fisik

Tips membeli iPhone bekas – Cek Fisik

Kami sarankan kamu melakukan COD (Cash on Delivery) agar bisa melihat fisik nya terlebih dahulu. Usahakan juga COD di tempat yang nyaman misal dirumah atau tempat umum yang terbuka.

Cek kondisi fisik iPhone secara teliti, pastikan sesuai deskripsi dan cek pula kelengkapan dan fungsinya. Berikut kondisi fisik yang harus kamu cek.

  • Periksa tombol home dan responsivitasnya, pastikan masih empuk dan berjalan baik tanpa ada yang aneh. Pasalnya, komponen yang satu ini terkenal cepat rusak.
  • Periksa tombol power dan pastikan masih normal saat ditekan.
  • Pastikan earphone, walaupun belum tentu kamu pakai tapi pastikan earphone masih asli dan simpan dengan baik untuk menjaga harga. Barang kali nanti mau upgrade ke versi yang lebih tinggi.
  • Cek charger dan kabel USB, pastikan berfungsi dan tidak longgar. Mengingat jenis USB yang digunakan khusus, bukan microUSB seperti yang ada dibanyak smartphone Android. Tentunya akan sangat merepotkan bila charge asli iPhone rusak, harga charge iPhone juga tergolong mahal untuk yang asli.
  • Cek jack audio dan pastikan tidak tersendat-sendat.
  • Test speaker dan earphone, pastikan suara yang dikeluarkan normal dan tidak pecah. Jika pecah, bisa jadi telah terkena air atau kerendam.

4. Cek dan Pastikan iPhone Second Tersebut Feature nya semua berfungsi normal.

Selain cek fisik, pastikan juga feature iPhone standard berfungsi secara normal berikut hal-hal yang harus kamu pastikan.

  • Periksa responsivitas layar secara keseluruhan, pastikan fungsi layar sentuh semua berjalan. Dari atas bawah, kanan kiri hingga sudut-sudut layar. Coba pula sensor rotasinya (Accelerometer), apakah berjalan dengan baik.
  • Cek ambient light sensor. Sensor ini akan meredupkan layar iPhone ketika berada di kegelapan. Cara mengeceknya, tutup bagian 1/3 layar atas dengan tangan atau alat bantu lain. Kemudian tekan tombol sleepdan hidupkan kembali dengan menekan tombol sleep (dengan keadaan 1/3 layar masih ditutup). Seharusnya layar akan lebih redup dari sebelumnya.
  • Periksa konektivitas, baik itu jaringan seluler, WiFi, Bluetooth, dan GPS.
  • Cek kamera, coba kamu utak-atik kameranya dan ambil foto dengan Flash atau tanpa Flash serta lihat hasilnya.
  • Cek kesehatan baterai, caranya buka menu Setting > General > Usage > Battery Usage.

5. Cek Software iPhone Bekasnya

Yang paling penting adalah cek iClode dan reset di tempat untuk mengetahui iCloud masih aktif atau tidak, cara ngeceknya juga cukup gampang. Masuk kehalaman Setting kemudian click iCloud. Pastikan sudah kosong dan jika masih ada isinya, tanyakan langsung untuk meminta segera mengeluarkan (log out) dari iCloudnya dan fitur Find My iPhone.  karena dengan feature ini memungkinkan iPhone yang akan anda beli dapat dikendalikan dari jauh. Jadi minta lah matikan fungsi Find My iPhone.

iPhone akan selalu meminta password iCloud di setiap aktivitas penting, contohnya saat anda menginstall aplikasi. Jadi langsung  saja reset di tempat, masuk ke Setting > iCloud > Find My iPhone dan matikan (akan meminta password iCloud). Kemudian lakukan Erase All Content and Setting di Setting > General > Reset > Erase All Content and Setting.

6. Apakah iPhone secondnya FU atau SU?

tips beli iphone second – cek FU atau SU

FU adalah Factory Unlock adalah jenis iPhone yang tidak dikunci oleh pabrik pembuat iPhone, sehingga iPhone dapat digunakan dengan menggunakan semua kartu SIM di seluruh dunia. jadi kamu bisa gonta ganti operator.

SU adalah Software Unlock adalah jenis iphone yang dibuka kuncinya dengan menggunakan software. jenis iPhone ini merupakan iPhone yang di kunci oleh pabrik agar hanya menggunakan satu kartu saja. Proses unlock dengan software bisa dilakukan dengan cara jailbreak dan biasanya tidak sepenuhnya seluruh fungsi berjalan dengan normal.

Itulah 6 tips terpenting sebelum kamu membeli iphone bekas atau iphone second. Jangan buru-buru membeli, pastikan anda teliti agar tidak menyesal kemudian. Jika ada tips lain silahkan berikan komentar.

/* */